Download

Searching...
Minggu, 03 Oktober 2010

Rukun Tetangga (RT) Online

10.57
Perkembangan teknologi khususnya di Indonesia terasa semakin pesat sejak di awal tahun 2000. Sebuah industri pembuat prosesor ternama seperti Intel mengeluarkan produk prosesornya hampir setahun sekali, yang sekarang paling mutahir adalah Intel Core2duo, bisa saja tahun depan Intel mengeluarkan prosesor yang lebih canggih, sementara prosesor lama langsung menjadi produk yang usang dan konvensional.
Pemulung dengan penghasilan tidak tetap sudah banyak yang punya Handphone (HP) meski cukup puas dengan menggunakan satu fitur SMS saja.
Sepanjang ada jaringan listrik dan telepon, internet sudah bisa dinikmati oleh masyarakat sampai ke pelosok desa, orang desa sudah banyak yang melek teknologi dan informasi.

Dengan gampang orang yang tidak punya latar pendidikan komputer bisa mengelola sebuah situs, banyak petunjuk-petunjuk yang tersedia di internet, banyak situs/blog gratisan yang tersedia seperti blogger, wordpress dan lain-lain, dan sampai-sampai blogger sudah menggunakan fasilitas dalam bahasa Indonesia untuk memudahkan warga Indonesia untuk ber internet ria. semua petunjuk dan layanan ada disana.

Seharusnya jauh-jauh hari Pemerintah sudah menyadari hal ini, kalau masih punya komitmen untuk mensejahterakan penduduk Indonesia, jadikan fasilitas teknologi sebagai salah satu cara untuk mencapai komitmen tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah, seperti membuat kebijakan tentang kemudahan warga untuk bersosialisasi antar penduduk dengan cara menyediakan internet murah dan terjangkau.

Sudah banyak memang situs-situs resmi pemda yang online di internet, cuma sayangnya masih sampai di tingkat Kabupaten Kota, dan beritanya masih terlalu global dan basa-basi. Dan ada juga situs warga yang mengatasnamakan daerah seperti depok-online, tapi situs ini masih berada level atas Kabupaten/kota. Sudah ada beberapa situs yang berada pada level RT/RW seperti situs Griyamelati, dan RT 01 RW 012 Sekata.
RT 03 RW 024 Desa Bojonggede sedang membuat sebuah situs yang berisikan aktifitas warga dan sosial kemasyarakatan. Jika RT online sudah banyak di Indonesia, Pemerintah dapat banyak kemudahan darinya seperti :
1. Pemerintah tidak lagi menerima laporan yang basa-basi (asal bapak senang) dari Pemda. sebab,
2. Pemerintah bisa menjadikannya sebagai second opinion terhadap laporan yang disampaikan Pemda.
3. Pemerintah juga bisa melihat bagaimana pelaksanaan dilapangan terhadap kebijakan yang dijalankan.
4. BPS tidak perlu lagi melakukan sensus secara manual, cukup ambil datanya di situs RT dari format yang telah disediakan BPS.
5. PLN tidak perlu lagi menugaskan orang pencatat meteran, cukup ambil datanya di situs RT saja dari format yang telah disediakan PLN.
6. Polisi dan pihak hukum lainnya bisa medapatkan data orang masuk dan keluar dari RT, dan data ini bisa secara periodik disampaikan ke Desa atau Kecamatan.

Dengan demikian Pemerintah dengan optimal dapat mengontrol kebijakan yang dibuat dan melihat pelaksanaannya di lapangan secara cepat dan tidak basa-basi atau ABS. (oleh Aris Pramudia, sekata-sekata.blogspot.com)

0 komentar:

Poskan Komentar