Download

Searching...
Minggu, 03 Oktober 2010

Rukun Tetangga (RT)

10.49
rukun tetangga atau yang sering disingkat dengan RT adalah merupakan suatu unsur terkecil dalam pemerintahan di republik Indonesia. seorang ketua RT mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan wilayah sebab ketua RT adalah orang yang langsung berhadapan dengan masyarakat dan yang melihat langsung kondisi riil di masyarakat, tidak seperti lurah atau camat atau penyelenggara (pemimpin) pemerintahan yang lebih tinggi yang hanya tahu kondisi masyarakat berdasarkan laporan masyarakat (termasuk ketua RT).
sebagai ketua dituntut mempunyai jiwa pengabdian yang tinggi yang dilandasi dengan rasa tanggung jawab tanpa memikrkan keuntungan pribadi yang diperoleh dari jabatannya sebagai ketua RT (mungkin gak yaa……) karena tunjangan yang diterima kecil bahkan ada yang tidak pernah mendapatkan tunjangan, sementara dirinya harus bertanggung jawab atas nafkah keluarganya.
mengingat pentingnya peran ketua RT dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan hendaknya perlu dipikirkan oleh Pemerintah Daerah hal-hal sebagai berikut :
1. pemberian stimulan kepada ketua RT
karena seorang ketua RT adalah seseorang yang juga mempunyai kewajiban untuk mencari nafkah bagi keluarganya maka tugas pokok sebagai ketua RT sulit menjadi prioritas dalam kegiatan sehari-harinya, sehingga perlu adanya stimulan berupa pemberian tunjangan atas jabatannya sebagai ketua RT.
2. mengadakan analisa tentang kemampuan atau kinerja ketua RT
maksudnya yaitu adakan semacam evaluasi terhadap ketua RT dalam melaksanakan tugasnya, hasil evaluasi ini sebagai bahan utama dalam menentukan luas wilayahnya atau jumlah rumah tangga yang ada di dalam wilayahnya. jumlah rumah tangga yang terlalu banyak atau wilayah yang terlalu luas sudah pasti akan menyulitkan ketua RT dalam melaksanakana tugasnya misalnya dalam masalah pendataana warganya.
karena data merupakan titik awal dari kebijakan pembangunan mutlak diperlukan data yang valid dan merupakan gambaran nyata dari suatu wilayah. untuk memproduksi data yang valid sangat bergantung pada ketua RT mengenali dan mengawasi setiap warganya. wallahu a’lam…..
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar